Jamu Stamina Tradisional Yang Wajib Kamu Tahu!

0
17 views
views
jamu stamina tradisional

Indonesia merupakan  Negara yang kaya akan banyak hal.Terbentang di dua samudra dan  berada diantara dua benua,  serta berada di garis katulistiwa menyebabkan  Indonesia mempunyai keanekaragaman  hayati. Sejak zaman dahulu  banyak tanaman yang  sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Tanaman- tanaman tersebut banyak dijumpai  di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa tanaman  ini gampang untuk di tanam dan dibudidayakan di halaman rumah.Bagi Anda yang mempunyai halaman luas, Anda  memanfaatkannya dengan  menanam  tanaman –tanaman  yang dapat dijadikan  tanaman obat keluarga. Selain tanaman obat,  Anda perlu mengetahui beberapa tanaman yang dapat dijadikan jamu stamina tradisional.

Tanaman pertama yang dapat dijadikan jamu stamina tradisonal adalah pasak bumi.  Tanaman ini sejak dahulu memang terkenal akan manfaatnya untuk meningkatkan stamina khususnya bagi kaum pria. Tanaman pasak bumi mengandung ekstrak ethanolic yang dapat meningkatkan hormon testosteron bagi kaum pria. Pasak  bumi merupakan tanaman herbal yang  tumbuh di pulau Kalimantan. Suku Dayak sebagai warga asli Kalimantan sudah menggunakan pasak bumi sejak dahulu kala secara turun menurun. Sesuai dengan namanya kasiat pasak bumi sangat istimewa. Ternyata selain untuk menambah stamina, pasak bumi merupakan tanaman yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit diantaranya malaria, penghambat pertumbuhan kanker dan  dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi penderita HIV.  

Tanaman kedua yang dapat digunakan sebagai jamu stamina tradisonal adalah tribulus. Tanaman tribulus cocok berada di iklin tropis seperti Indonesia.  Tanaman ini merupakan gulma yang tumbuh liar  dan menjalar. Tanaman tribulus berkembangbiak dengan biji. Di Indonesia Anda dapat menjumpai tribulus di sekitar dataran rendah kepulauan Bali hingga kepulauan  Nusa Tenggara.  Bagian tanaman yang dipergunakan adalah daunnya ataupun bijinya.  Penggunaannya biasanya  hanya dengan menyeduh  satu tangkai tribulus dengan air panas. Untuk bijinya, Anda hanya perlu menumbuknya hingga halus dan menyeduhnya.

Tanaman ketiga yang cukup populer sebagai jamu stamina tradisional adalah purwoceng. Anda akan banyak menemukan tanaman ini di dataran tinggi Dieng. Tanaman ini memang merupakan tanaman asli dataran tinggi Dieng. Dataran Dieng memang dikenal dengan tempat yang cocok sekali untuk tanaman umbi-umbian seperti  tanaman kentang. Tanaman purwoceng  memang tumbuh berkembang biak menggunakan umbi-umbian. Khasiat yang ada di tanaman purwoceng juga adalah berada di umbinya. Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk  mirip daun seledri dan umbi yang hanya sebesar ibu jari. Kini di pengunungan Dieng, tanaman tersebut sudah berbentuk serbuk. Anda tidak perlu repot untuk mengolahnya lagi. Hanya dengan menyeduhnya  minuman jamu tersebut sudah siap untuk diminum.

Tanaman keempat yang gampang dijumpai dan bermanfaat sebagai jamu stamina tradisional adalah jahe. Tanaman yang  berkembangbiak menggunakan rimpang ini ternyata mempunyai banyak khasiat. Jahe memang sudah akrab berada di rumah sebagai bumbu dapur. Jahe dapat digunakan sebagai bumbu dalam menumis atau membuat sup.  Jahe juga sering digunakan sebagai obat batuk keluarga. Selain untuk menghangatkan badan, jahe dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi kaum pria. Caranya sangat mudah Anda hanya mencuci jahe tersebut merebusnya dan meminumnya menggunakan madu dan telur. Tanaman jahe merupakan tanaman yang mudah untuk menanamnya. Anda dapat menanam tanaman jahe dipekarangan rumah.

Tanaman kelima yang dapat digunakan sebagai jamu stamina tradisional adalah buah pinang. Pohon pinang atau jambe merupakan tanaman yang mirip dengan kelapa. Pinang merupakan jenis palem-paleman dengan ketinggian yang hampir mencapai 25 meter. Kulit buah pinang yang telah matang berwarna kuning tua. Anda  tentu sering mendengar buah pinang yang sering digunakan bersama daun sirih untuk menyepah.  Buah pinang memang dipercaya untuk menguatkan gigi agar tidak berlubang, menyehatkan gusi karena  mengandung antibakterial. Sebagai jamu yang bermanfaat bagi kaum pria, gunakan buah pinang yang masih muda. Rebus buah pinang dan minum air rebusannya setelah dingin.  Buah pinang juga dapat dipotong kecil-kecil dan langsung dikunyah.  Manfaat buah pinang sebagai jamu penambah stamina sudah banyak dibuktikan oleh kaum pria. Selai kaum pria, buah ini juga bermanfaat untuk kaum wanita.

Tanaman keenam yang dapat dijadikan jamu stamina tradisional adalah bawang putih. Tanaman bawang putih merupakan tanaman umbi-umbian. Anda tidak perlu repot mencari bawang putih karena tanaman ini banyak dijumpai di pasar maupun supermarket. Bawang putih merupakan bumbu dapur sehari hari. Bau bawang putih memang sangat menyengat, namun membuat gurih dan menambah kelezatan masakan. Bawang putih ternyata mempunyai khasiat yang istimewa bagi kaum pria. Anda dapat mengunyahnya secara langsung atau dapat mengolahnya sebagai jamu. Bawang putih cukup ditumbuk dan direbus, lalu campurkan telur ayam kampung dan  madu. Dengan meminum jamu bawang putih stamina Anda pasti akan bertambah.

Selanjutnya tanaman ketujuh yang berkhasiat dan dapat dijadikan jamu stamina tradisional adalah sambiloto. Tanaman sambiloto tumbuh di dataran rendah, seperti sawah, kebun maupun hutan. Tanaman ini mengandung zat andrographolide yang banyak mengandung khasiat bagi kesehatan. Kandungan zat andrographolide ini yang menyebabkan rasa pahit. Si pahit ini berkhasiat sebagai antiinflamasi, antidiabetes, antioksidan dan antiaterosklerosis. Manfaat sambiloto bagi kesehatan sebagai obat flu, demam, typus, diabetes, asam urat, sakit gigi, radang tenggorokan, malaria dan masih banyak khasiat lainnya. Untuk stamina kaum pria ambil beberapa lembar daun sambiloto dan minum air rebusannya.

Artikel Terkait : Jamu Kuat Pria Untuk Berhubungan Intim Bagi Anda Yang Sibuk

Tanaman yang kedelapan yang dapat digunakan sebagai jamu stamina tradisional adalah tanaman kumis kucing. Tanaman ini sudah akrab dan sering dijumpai sebagai tanaman obat keluarga. Kumis kucing banyak dijumpai di Indonesia, walaupun sebenarnya tanaman ini merupakan tanaman asli Afrika yang menyebar ke benua Asia dan Australia. Khasiat kumis kucing sangat banyak mulai dari obat sakit pinggang, obat ginjal, hipertensi, obat batuk, diabetes, reumatik, asam urat, nyeri sendi dan otot. Anda hanya merebus beberapa lembar daun kumis kucing dalam dua gelas air dan biarkan menyusut hingga satu gelas.

Tanaman kesembilan yang dapat digunakan sebagai jamu stamina tradisional adalah temulawak. Tanaman ini sudah terkenal secara turun menurun. Temulawak dikenal sebagai java ginseng. Jika negara tetangga mempunyai ginseng, Indonesia memunyai temulawak. Selain menjaga stamina kaum pria, temulawak dipercaya untuk mengobati hati, mencegah penyakit kanker, menjaga imunitas, mengobati penyakit pencernaan, meningkatkan nafsu makan dan mengobati masuk angin. Anda dapat menanam temulawak di halaman rumah untuk melengkapi tanaman obat keluarga Anda.

Demikian kesembilan tanaman khas Indonesia yang dapat digunakan sebagai jamu stamina tradisional. Tanaman-tanaman tersebut sangat mudah ditemui di banyak daerah. Untuk menjaga kelestarian lingkungan Anda dapat menjadikannya sebagai koleksi tanaman obat. Saat ini sangat dianjurkan untuk menggunakan obat-obatan tradisional  yang aman dan tidak membuat ketergantungan. Sebaiknya hindari obat kimia yang  membuat efek samping yang membahayakan tubuh. Selamat menanam tanaman-tanaman berkhasiat tersebut ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here