Serba-serbi Ejakulasi Dini, Penyebab Pria Tidak Kuat Tahan Lama dan Cara Mengatasinya

0
20 views
views
kuat tahan lama

Ejakulasi dini merupakan masalah seksual pria yang sangat umum ditemukan. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan pria bisa ejakulasi terlalu cepat dan tak kuat tahan lama ketika berhubungan. Mulai dari masalah psikologis hingga yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Banyak iklan, pengobatan alternatif, maupun obat-obatan yang dijual, mengklaim dapat mengobati ejakulasi dini. Namun, apakah benar jika ejakulasi dini bisa disembuhkan?

Secara medis, seorang pria dewasa yang sehat rata-rata akan mengeluarkan air mani setelah kurang lebih lima menit dari rangsangan seksual pertama atau setelah melakukan penetrasi selama hubungan seksual. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ejakulasi dini adalah kondisi dimana pria tidak kuat tahan lama sehingga mengeluarkan cairan di luar kontrolnya saat ia belum siap untuk ejakulasi. Penting untuk diketahui bahwa kecepatan waktu ejakulasi bisa berbeda antara satu pria dengan yang lainnya. Diagnosis klinis impotensi dilakukan jika rata-rata ejakulasi terjadi kurang dari 1-2 menit setelah penetrasi vagina.

Penyebab Ejakulasi Dini

Adapun penyebab ejakulasi dini sangat beragam, termasuk masalah kesehatan prostat, penggunaan obat , karena penyakit dan stres kronis atau depresi. Kondisi medis bukan satu-satunya yang menyebabkan impotensi. Nyatanya impotensi adalah kondisi seksual yang jauh lebih umum daripada yang kita pikirkan. Impotensi merupakan masalah seksual yang sering dilaporkan pria di segala rentang usia. Penuaan dikatakan sebagai salah satu faktor yang membuat tak bisa kuat tahan lama.

Beberapa pria sangat sensitif sehingga cenderung mudah bergairah. Terlalu bersemangat atau bergairah memikirkan seks dapat menyebabkan ejakulasi dini. Faktor-faktor psikologis nyatanya memang dapat memengaruhi pria yang sebelumnya bahkan memiliki ejakulasi normal menjadi mengalami disfungsi seks. Disfungsi seks dapat dialami terus-menerus seumur hidup pria. Ketidakmampuan untuk mengontrol ejakulasi ternyata jarang diakibatkan oleh kondisi medis. Namun, terdapat beberapa kondisi medis yang mungkin dapat menjadi penyebab tidak bisa kuat tahan lama seperti Impotensi, gangguan prostat, tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar hormon abnormal (masalah pada kelenjar tiroid).

Artikel Terkait :

Secara umum, sulit untuk menentukan penyebab ejakulasi dini. Pasalnya ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab. Oleh karena itu, saat berkonsultasi, biasanya dokter akan menanyakan seputar kehidupan seksual bersama pasangan. Selain bertanya tentang kebiasaan seks, dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan. Untuk memastikan diagnosis akhir, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik. Jika mengalami ejakulasi dini dan kesulitan untuk kuat tahan lama, dokter mungkin akan memerintahkan tes darah untuk memeriksa tingkat testosteron atau tes lainnya.

Peluang Hamil Jika Ejakulasi Dini

Waktu yang diperlukan untuk ejakulasi tidak menjadi patokan kuat tahan lama selama adanya penetrasi vagina yang cukup. Jadi, kapan pun penis masuk ke dalam vagina saat hubungan seks tanpa pengaman dan selama ejakulasi terjadi di dalam vagina, akan selalu ada kemungkinan untuk hamil. Pasalnya, air mani pria umumnya bisa mengandung hingga 100-200 juta sperma aktif per 2-5 ml cairan setiap kali ditembakkan ke dunia luar. Jutaan sperma yang biasanya ditemukan dalam air mani dapat meningkatkan kemungkinan bahwa beberapa sperma ini akan sukses mencapai rahim, yang pada akhirnya hanya satu yang bisa membuahi sel telur wanita. Jika ejakulasi dini ekstrim terjadi di mana ejakulasi keluar terlalu dini sehingga mencegah cairan ejakulasi memasuki vagina, kesempatan hamil menjadi rendah. Tidak menutup kemungkinan akan  terjadi kehamilan.

Cara Efektif Agar Kuat Tahan Lama

Dalam banyak kasus, ejakulasi dini sebetulnya dapat disembuhkan dengan seiring berjalannya waktu. Namun biasanya, cara mengatasinya akan tergantung dari penyebabnya. Bila tak kuat tahan lama berhubungan karena dampak adanya penyakit, pengobatan ejakulasi terbaik dengan mengobati penyakitnya terlebih dahulu. Selain itu, bisa pula mencoba pengobatan berupa obat-obatan yang khusus diresepkan dokter. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini di rumah:

Sering berlatih teknik squeezing

Cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat ini dengan mengendalikan saat berhubungan seks agar lebih kuat tahan lama. Yang perlu dilakukan ketika mulai merasa akan orgasme adalah mencabut penis dari vagina. Gunakan jari untuk menggenggam penis. Setelah digenggam, posisikan jempol untuk menutupi lubang di mana sperma keluar, berikan sedikit remasan pada batang penis. Bisa pula dengan meremas penis bagian bawah secara lembut dengan berkala sampai hasrat orgasme menurun.

Senam Kegel

Latihan senam kegel dapat membantu mengatasi ejakulasi tanpa obat. Senam kegel bisa membuat lebih kuat tahan lama berkat perbaikan aliran darah di daerah penis. Senam ini bertujuan memperkuat otot penis serta dapat melatih menunda orgasme di waktu yang tidak diinginkan. Latihan ini juga membantu mengontrol kemampuan ketika akan orgasme, serta memberikan Anda stamina seksual yang lebih besar.

Pada awalnya teknik senam ini diperuntukan bagi wanita setelah melahirkan, untuk mengencangkan otot-otot vagina seperti semula. Namun ternyata, tak hanya wanita saja yang dapat merasakan manfaatnya, pria pun demikian. Senam ini fokus gerakannya pada otot panggul (pubococcygeus) agar terasa kencang. Manfaat dari senam kegel untuk pria adalah untuk melatih penis dan seisinya menjadi lebih terkendali. Otot-otot dasar panggul yang mencakup bagian penis dan kandung kemih dapat lebih sehat berkat latihan kegel, serta  memungkinkan orgasme yang lebih tahan lama.

Rutin Latihan Pernapasan

Cara alami ini umumnya bukan cara yang melibatkan fisik, tetapi pikiran dan perasaan Anda. Agak sulit dan berat dilakukan beberapa pria. Pernapasan merupakan kunci untuk mengendalikan seluruh tubuh. Pada saat penetrasi penis ke dalam vagina dan mulai merasakan orgasme, mulai pelankan tempo hentakan pinggul. Alihkan pikiran dari rangsangan yang telah ada, lakukan tarik napas 3-4 kali hembusan. Tetap alihkan pikiran sampai dirasa aliran sperma mulai menurun. Setelah dapat mengendalikan tubuh, kembali lanjutkan penetrasi seksual dengan tempo yang lebih cepat. Mulai cari lagi rangsangan tubuh pasangan untuk membangkitkan gairah. Lakukan berulang, sampai waktu orgasme yang diinginkan tiba sehingga lebih kuat tahan lama.

Gunakan Teknik Stop And Start

Latihan ini sebaiknya didiskusikan dan disepakati dulu dengan pasangan wanita demi menjaga mood seksualnya. Cara teknik ini adalah saat penetrasi dan merasa ingin orgasme, cabut penis dari vagina, lalu cengkram kepala penis, jangan terlalu lembut dan jangan terlalu kencang. Setelah itu tekan kepala penis ke arah kiri dengan menggunakan jempol tangan. Jika telah merasa aliran sperma mulai melambat, tahan sebentar, lalu lanjutkan kembali penetrasi yang tertunda.

Itulah beberapa cara dan latihan yang dapat dilakukan agar lebih kuat tahan lama dan terbebas dari keluhan ejakulasi dini. Pentingnya berkomunikasi dengan pasangan termasuk dalam hal berhubungan. Dengan terbuka dan komunikasi, pasangan akan mampu membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan keharmonisan rumah tangga tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here